7 Tips Membeli iPhone Bekas Yang Berkualitas

Foto : Bcfjb.com

Comediatek.com - Meskipun smartphone Android begitu populer dikalangan masyarakat, tetapi tidak membuat iPhone tersingkir begitu saja. Justru dari tahun ke tahun peminat produk Apple itu sangat digandrungi di negara Indonesia. Banyak smartphone flagship Android yang hadir dengan desain premium dan mewah, namun iPhone juga tidak kalah desain dengan smartphone Android ,dan iPhone tetap mempunyai pesona tersendiri.

Belum lagi, dari segi keamanan privasinya di bandingkan Android iPhone sangat aman dalam mengatasi keamanan privasi pengguna serta kemudahan pengoperasianya yang membuat iPhone menjadi smartphone idaman yang sangat banyak penggemarnya. Meskipun begitu, harga masih menjadi pertimbangan bagi para penggemar iPhone. Seperti yang kamu ketahui sendiri, iPhone yang baru meluncurkan harga yang sangat mahal.  Bagi kamu yang suka dengan iPhone, salah satu solusinya adalah, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli iPhone yang bekas.

Meskipun bekas, setidaknya kamu harus tau tips penting membeli sebuah iPhone yang bekas dan berkualitas, bukan asal-asalan yang ujung-ujungnya akan merugikan diri kita sendiri. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat kamu mau membeli iPhone bekas
.
7 Tips Membeli iPhone Bekas Yang Berkualitas

Memang sih, beli iPhone bekas itu memang lebih susah dibandingkan beli smartphone Android bekas. Dari situ kamu jangan nekat untuk membeli sebuah iPhone bekas begitu saja, kamu harus mempunyai bekal ilmu yang banyak dan mencari tips atau cara membeli iPhone bekas sebanyak mungkin.

Banyak hal yang harus benar-benar kamu perhatikan, agar kamu bisa mendapatkan iPhone bekas yang masih bagus dan tidak bermasalah ( berkualitas ).

1. Beli iPhone Bekas yang Masih ada Garansinya

Jika kamu membeli iPhone lewat toko online misalnya, melalui Kaskus atau OLX, carilah iPhone bekas yang masih bergaransi resmi. Alternatif lainnya, carilah iPhone yang Like New yaitu yang secara body masih seperti baru, biasanya memang harganya lumayan mahal, tetapi kalau kualitasnya lebih bagus dan terjamin kenapa tidak ?

Kalau kamu ingin yang agak murah pilihlah yang sudah tidak ada garansinya, tetapi pastikan masa garansi iPhone tersebut belum lama habis. Memang sih, jika mau mendapatkan iPhone bekas yang berkualitas harus bersabar lebih dahulu dan tidak perlu terburu-buru.

Harus kamu ketahui bahwa iPhone tidak ada istilah garansi internasional, yang ada adalah garansi regional. Artinya iPhone hanya bisa kamu klaim garansi di negara iPhone tersebut dikeluarkan. Cara untuk mengetahuinya, kamu bisa lihat di dusbook yang ada di belakang kiri bawah. Contoh kode negara untuk iPhone antara lain sebagai berikut.

ZP/A: Singapore, Hongkong
PA/A: Indonesia
MY/A: Malaysia
LL/A: Amerika
X/A: Australia

2. Harus Mengetahui Perbedaan iPhone

Jika kamu mau belanja iPhone melalui facebook atau sering disebut dengan forum jual beli ( FJB ) pastikan sebelum beranjak ketemuan ( COD ) alangkah baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu perbedaan jenis-jenis iPhone. Jangan sampai mau beli iPhone 5s tapi yang kamu dapatkan iPhone 5. iPhone 5s dengan iPhone 5 memang mempunyai desain yang sama, namun ada banyak perbedaan yang harus kamu ketahui.

Perbedaan yang pertama seperti bentuk dari tombol home, iPhone 5s sudah dilengkapi sensor sidik jari atau Touch ID sedangkan untuk iPhone 5 masih tombol biasa. Selain itu, kamera iPhone 5s sudah ditemani dual LED Flash dan iPhone  maisih belum Flash LED.

3. Cek Kondisi Fisik

Ketika melakukan transaksi dengan sistem COD, usahakan seteliti mungkin dan tidak terburu-buru. Cek kondisi fisik iPhone secara detail, pastikan sesuai deskripsi dan kelengkapan serta fungsinya. Ada beberapa hal penting yang harus kamu cek sedetail mungkin diantaranya sebagai berikut.

- Memerikas tombol home dan responsivitas nya

Pastikan masih bagus dan tanpa ada yang aneh. Mengapa kita harus memerikasa tombol home dan responsivitas nya ? karena  komponen yang satu ini terkenal cepat rusak.

- Periksa tombol power yang biasanya berada di bagian atas dan pastikan masih normal saat ditekan

- Pastikan earphone masih asli

- Cek charger dan kabel USB

Pastikan berfungsi dengan baik dan tidak longgar. karena jenis USB yang digunakan iPhone yaitu khusus, bukan microUSB seperti yang ada diperangkat smartphone Android. Jika masalah itu terjadi longgar dan sebagainya, tentunya akan sangat rugi bila charge asli iPhone rusak, karena harga charge iPhone juga tergolong mahal untuk yang asli.

- Cek jack audio dan pastikan tidak tersendat-sendat
Test speakernya, pastikan suara yang dikeluarkan yaitu normal dan tidak pecah atau gember. Jika pecah, bisa jadi telah terkena air atau kerendam dan kemungkinan besar iPhone sudah pernah di buka.

4. Memastikan Semua Fitur Berfungsi

Apple tidak menjual komponen untuk iPhone. Jadi pastikan ketika kamu membeli iPhone bekas tidak ada kerusakan sama sekali, yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut.

- Periksa responsivitas layar secara keseluruhan
- Pastikan fungsi layar sentuh semua berjalan dengan baik, mulai dari atas ke bawah, kanan ke kiri hingga sudut-sudut layar. - Pastikan sensor rotasinya (Accelerometer) berjalan dengan baik.
- Cek ambient light sensor. Sensor ini fungsinya untuk meredupkan layar iPhone ketika berada di kegelapan. Cara mengeceknya yaitu tutup bagian 1/3 layar atas dengan tangan, Kemudian tekan tombol sleep dan hidupkan kembali dengan menekan tombol sleep (dengan keadaan 1/3 layar masih ditutup). Seharusnya layar semakin lebih redup daripada sebelumnya.
- Periksa konektivitas, seperti jaringan, WiFi, jaringan telepon ( SIM ) ,GPS dan Bluetooth.
- Cek kamera, buatlah berfoto-foto terlebih dahulu dan lihat hasilnya, kalau ada Flash LED nya coba kamu gunakan dan lihat hasilnya.
Cek kondisi baterai, apakah baterai tersebut akan mudah habis atau awet, caranya yaitu buka menu Setting > General > Usage > Battery Usage

5. Cek Softwarenya

Salah satu cara untuk mengetahui masih bagus enggaknya sebuah iPhone yaitu dengan cara mengecek iCloud dan mereset nya. Cara untuk ngecek iCloud masih aktif atau tidaknya, kamu bisa masuk Setting > iCloud dan pastikan sudah kosong. Jika masih ada, tanyakan langsung dan minta segera mengeluarkan iCloud-nya berikut juga fitur Find My iPhone. Fitur ini akan memungkinkan iPhone dapat dikendalikan dari jarak jauh. Jadi, mintalah untuk mematikan Find My iPhone dan hapus account.
Setelah sudah selesai di hapus kemudian buatlah sebuah akun iCloud untuk iPhone kamu.

Yang perlu kamu ingat ! iPhone akan selalu meminta password iCloud di setiap aktivitas penting, misalnya kamu menginstal aplikasi Instagram, Whatsapp, Line dan aplikasi lainya. Jadi langsung saja reset di tempat, Caranya masuk ke Setting > iCloud > Find My iPhone dan matikan (akan meminta password iCloud). Kemudian lakukan Erase All Content and Setting di Setting > General > Reset > Erase All Content and Setting.

6. Membedakan  iPhone SU dan FU

Apa itu iPhone SU dan iPhone FU ?

Informasi tambahan yang harus kamu ketahui sebagai pemakai iPhone, yaitu apa sih bedanya iPhone SU dan FU? iPhone FU (Factory Unlock) adalah jenis iPhone yang tidak dikunci oleh pabrik pembuat iPhone, sehingga iPhone ini dapat digunakan untuk semua kartu SIM di seluruh dunia Contonya GSM, CDMA dan kartu lainya. Jadi, kamu bisa gonta-ganti layanan operator sesuka hati kamu.

Sedangkan iPhone SU (Software Unlock) adalah jenis iPhone yang sudah di-unlock atau di kunci menggunakan software dari pabriknya langsung. Jadi iPhone ini jenis iPhone yang di-lock oleh pabrik untuk menggunakan satu kartu saja. Proses unlock/ membuka kunci bisa dilakukan dengan cara mudah yaitu di-jailbreak tetapi hasilnya biasanya tidak 100% berjalan normal.

7. Menanyakan Nomor IMEI

kalau kamu sudah menemukan barang bagus yang kamu cari langkah selanjutnya adalah baca baik-baik deskripsi produk yang ditulis oleh penjual, kemudian tanyakan apabila masih ada yang kurang jelas terkait kelengkapan perangkat misalnya, seperti menanyakan nomor IMEI iPhone yang kamu beli, komplit dan tidaknya. Cara cek Nomor IMEI ini ada di menu setting>general>about.

Akhir Kata

Itulah 7 tips membeli iPhone bekas yang berkualitas, pastikan kamu sudah punya info yang sedetail mungkin ya. Kalau kamu ingin mencari iPhone yang bekas atau second, jangan lupa lakukan tips yang sudah disebutkan di atas dijamin tidak akan kecewa dalam kunci kamu harus benar-benar teliti dalam memilih iPhone sasaran kamu.

Baca Juga:



7 Tips Membeli iPhone Bekas Yang Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Post a Comment