Cara Menghemat Baterai iPhone di Perangkat iOS 10


Cara Menghemat Baterai iPhone
Comediatek.com - Pada bulan september kemaren, Apple telah menggeluarkan sistem operasi mobile versi 10 yang membawa segudang fitur baru yang bertujuan untuk memanjakan para pengguna. Namun, di balik kecanggihan yang ada, lagi-lagi baterai yang menjadi masalah. Jadi pertanyaanya adakah cara menghemat baterai iPhone di perangkat iOS 10?
Cara Menghemat Baterai iPhone

Perusahaan Apple memang senantiasa meningkatkan daya tahan baterai untuk iPhone, dari yang lama bahkan yang terbaru yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang memiliki daya tahan baterai paling besar dan lama habisnya. Tetapi  banyak pengguna yang mengeluh baterai iPhone mereka cepat habis. Maka dari itu, berikut adalah 7 cara menghemat baterai iPhone iOS 10, baik untuk pengguna iPhone 5, iPhone 6, hingga iPhone 7.

Cara Menghemat Baterai iPhone di Perangkat iOS 10

1. Mematikan Raise to Wake

Pembaruan untuk iOS 10 telah membawa sejumlah fitur baru, salah satunya adalah Raise to Wake. Fitur ini akan membuat iPhone menyala otomatis ketika sedang diangkat, jadi kamu tidak perlu menekan tombol apa pun. Yang hasilnya akan mempermudah kamu saat ingin melihat jam atau notifikasi di layar. Adapun perangkat yang mendukung Raise to Wake adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Tetapi, fitur ini akan menggangu iPhone yang kamu pakai jika kamu menghidupkanya terus, akibatnya konsumsi baterai akan meningkat dan mudah cepat habis. Maka dari itu, nonaktifkan saja Raise to Wake untuk menghemat baterai iPhone kamu. Cara mematikanya yaitu, buka aplikasi Settings > Display & Brightness > scroll ke bawah hingga melihat opsi Raise to Wake > geser tombol ke arah kanan.

2. Mematikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Cara menghemat baterai iPhone di perangkat iOS 10 berikutnya adalah dengan cara me-nonaktifkan beberapa aplikasi tidak penting yang berjalan di latar belakang atau sering disebut Background App Refresh.

Semakin banyak aplikasi yang mendapatkan akses ke fitur Background App Refresh, maka semakin tinggi juga aplikasi yang akan memboroskan baterai iPhone kamu. Cara me-nonaktifkannya yaitu, buka Settings > General > Background App Refresh dan pilih aplikasi yang kamu rasa kurang penting.

3. Mematikan Notifikasi Kunci Layar

Semua aplikasi yang berjalan di iOS 10 secara default, akan menampilkan notifikasi tepat di layar kunci yang akan membuat iPhone kamu menyala yang bertujuan agar kamu mudah untuk melihatnya. Sebenernya cara itu bagus, tetapi sekali lagi semua aplikasi yang ada di perangkat iPhone kamu tidak perlu menggunakan fitur ini. Jika kamu menggunakan fitur ini maka dampaknya akan mengurangi daya tahan baterai.

Semakin sedikit aplikasi yang ditampilkan dalam notifikasi layar kunci maka, daya tahan baterai menjadi lebih baik dan tidak boros. Adapun cara menyesuaikan notifikasi yang tampil di layar kunci adalah masuk ke Settings > Notifications > pilih aplikasi dan matikan pilihan Show on Lock Screen. Mudah kan ?!

4. Mempersingkat Auto-Lock

Fitur Auto-Lock, sangat berpotensi menjadi cara menghemat daya baterai iPhone. Jika baterai adalah segalanya buat kamu, maka saya sarankan pilih waktu yang paling singkat yaitu sekitar 30 detik. Jadi, ketika iPhone tidak beraktivitas lagi, maka akan langsung standby dan mengunci sendiri dalam waktu 30 detik

Cara itu sih sebenernya terserah para pengguna. Kamu sesuaikan saja sendiri dengan kondisi yang ada. Adapun cara mengaturnya yaitu buka Settings > General > Auto-Lock.

5. Mengaktifkan Modus Low Power

Fitur yang satu ini ternyata sudah hadir di iOS 9. Manfaat Fitur ini yaitu akan me-nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, mengurangi kecerahan layar, dan mengurangi efek-efek tertentu. Selain itu, kerja prosesor juga akan ditekan agar hanya memerlukan sedikit baterai.

Maka dari itu, pastikan kamu mengaktifkan modus low power, jika memang kamu dalam bepergian jauh dan tidak menemukan lagi arus untuk mengisi baterai. Namun, jika kamu menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari, tidak usah meng-aktifkannya karena akan menghambat kinerja iPhone yang kamu pakai. Cara mengaturnya yaitu cukup buka Settings > Battery dan nyalakan Low Power Mode.

6. Mengelola Setelan GPS

Bukan berarti kamu harus mematikan fitur GPS di iPhone kamu, tetapi kamu juga harus mengelola aplikasi yang kamu pilih saja, bukan semua aplikasi kamu gunakan dengan fitur ini. Karena fitur ini membuat iDevice milikmu akan menjadi lebih pintar, tetapi sebaliknya jika banyak aplikasi yang kamu izinkan yang kamu sambungkan ke fitur ini maka sangat berpotensi akan menyedot baterai dengan sangat cepat.

Kamu dapat mengelola pengaturan lokasi / GPS dengan menuju ke menu Settings > Privacy > Location Services, kemudian gulirkan ke bawah dan pilih daftar aplikasi yang tujuanya untuk melihat aplikasi mana yang diperbolehkan untuk mengakses lokasi kamu.

7. Mematikan Reducing Motion

Beragam fitur dan efek animasi yang diberikan oleh iPhone memang sangat menyenangkan mata kita saat kita melihatnya. Tetapi, kamu harus merelakannya dengan isi baterai. Jika kamu keberatan, kamu bisa mempertimbangkan untuk me-nonaktifkannya di Settings > Accessibility > Reduce Motion.

Akhir Kata

Itulah cara menghemat baterai iPhone di Perangkat iOS 10 yang terdapat pada iPhone 5, iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 7, dan iDevice yang suport dengan iOS 10. Semoga tips atau cara ini bisa bermanfaat buat kamu semuanya khususnya pengguna komunitas iPhone, jika kamu ada pertanyaan atau punya tambahan, silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini.
Cara Menghemat Baterai iPhone di Perangkat iOS 10 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Post a Comment